Call/SMS/WA: 0811-3344-225

Cara Install WordPress di cPanel

WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang cukup populer dikalangan Web Developer. Karena selain untuk blogging, WordPress cukup powerful untuk membangun website company profile, ecommerce, ataupun portal berita.

Content Management System atau Sistem Manajemen Konten adalah sebuah sistem atau perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau mengubah content dari suatu website. Dengan adanya CMS ini, pekerjaan editor atau writer amat sangat dipermudah.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menginstall WordPress melalui cPanel dan Softaculous.

Untuk memulai, anda harus login ke cPanel hosting anda terlebih dahulu. Anda dapat mengakses cPanel dengan cara menambahkan “/cpanel” (tanpa tanda petik), contohnya: http://domaincontoh.com/cpanel. Apabila sudah silahkan masukkan username dan password anda.

Login cPanel

Setelah login ke cPanel, cari dan klik icon Softaculous.

Link Softaculous di cPanel

Pada sidebar menu, pilih Blogs kemudian pilih WordPress

Blog WordPress di Softaculous

Tekan Install Now untuk melanjutkan proses instalasi.

Install Button WordPress

Jika sudah, anda akan dibawa ke halaman konfigurasi instalasi.

  • Choose Protocol: Pilih Protocol untuk mengakses website anda, apabila anda memiliki SSL maka anda dapat mengaktifkan protocol https.
  • Choose Domain: Pilih domain dimana anda akan menginstall wordpress. Pada opsi ini anda dapat memilih untuk menginstall pada subdomain.
  • In Directory: Masukkan nama folder/direktori dimana akan akan menginstall wordpress. Untuk menginstall wordpress pada root direktori maka kosongan saja field ini.

Software Setup WordPress

Field selanjutnya adalah Site Setting 

  • Site Name: Masukkan title atau nama website anda.
  • Site Description: Masukkan deskripsi singkat dari website anda.
  • Enable Multisite: Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan fitur WPMU untuk wordpress anda.

Site Setting WordPress

Field selanjutnya adalah Setting Admin Account

  • Admin Username: masukkan username admin awal yang anda inginkan. Username dan password yang anda masukkan, akan digunakan untuk masuk ke halaman Admin WordPress.
  • Admin Password: masukkan password yang anda inginkan.
  • Admin Email: masukkan email aktif anda. Email ini berguna juga apabila anda melakukan forgot password, jadi pastikan email ini adalah email aktif dan dapat menerima email.

Admin Account WordPress

Tahap selanjutnya adalah Site Language, Pengaturan Lanjutan, dan Theme 

  • Select Language: Pilih bahasa yang ingin anda gunakan untuk wordpress anda.
  • Limit Login Attempts: Pembatasan pencobaan login, anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk mencegah adanya brute force login pada wordpress anda.
  • Advanced Options: Pada opsi ini terdapat beberapa pengaturan lanjutan seperti nama database, auto backup, auto update versi wordpress, dan lain-lain.
  • Select Theme: Pilih opsi ini apabila anda ingin menambahkan template/themes untuk wordpress anda.

Site Language, Pengaturan Lanjutan, dan Theme WordPress

Jika semua proses telah selesai maka anda dapat melanjutkan dengan menekan tombol Install dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Finish Install WordPress

Jika sudah maka WordPress telah terinstall pada hosting anda. Anda dapat mengakses halaman admin dengan cara menambahkan “/wp-admin/” (tanpa tanda petik), contohnya: http://domaincontoh.com/wp-admin/.

Login Admin WordPress

Sekian tutorial cara install WordPress pada Hosting cPanel dengan Softaculous. Semoga bermanfaat.